Jurnal
Rendahnya
Motivasi Belajar, Guru Optimalkan Strategi Pembelajaran
Singaraja, 11 November 2013
Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga
mendidik, membimbing dan memotifasi siswanya dalam belajar. Siswa memiliki
kemampuan yang berbeda-beda dalam belajar. Keberhasilan belajar siswa ditunjang
oleh kemampuan seorang guru. Penerapan strategi yang tepat akan meningkatkan
keberhasilan belajar siswa.
Siswa harus memiliki motivasi belajar
sendiri. Rendahnya motivasi belajar siswa akan menyulitkan guru untuk
menciptakan kelas yang kondusif. Guru lebih mengoptimalkan strategi
pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu sekolah yang
siswanya masih memiliki motivasi belajar yang rendah adalah SD N 1 Banjar Tegal
khususnya kelas IV pada tahun ajaran 2013-2014.
Siswa kelas IV disekolah ini sebagian
besar mengalami masalah pada saat pembelajaran. Kurang memperhatikan penjelasan
guru, kurang antusias mengikuti pembelajaran, sering tidak mengerjakan Tugas,
tidak bisa membaca dengan jelas, baik dan lancar. Minimnya motivasi belajar
pada siswa, guru berupaya untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran, selain
strategi, guru juga mengoptimalkan metode yang digunakan pada proses KBM
(Kegiatan Belajar Mengajar). Wali kelas IV (Ni Made Wiwik Andini) mengatakan
bahwa siswa-siswi kelas IV memang benar mengalami kesulitan belajar di setiap
menerima mata pelajaran di kelas. Tidak hanya wali kelas IV saja yang
mengatakan demikian, tetapi juga guru bidang studi yang lain seperti Agama dan
Bahasa Bali.
Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa
tidak mampu untuk mengikuti pembelajaran disebabkan karena beberapa faktor
yaitu internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri, faktor
eksternal berasal dari luar (lingkungan rumah, dan lingkungan sekolah),
pergaulan siswa dan peranan orang tua. Strategi pembelajaran yang digunakan
guru, dengan mencoba atau merubah metode, dengan metode talking stik, media
gambar, dengan media tersebut akan dapat memberikan dorongan atau motivasi
kepada siswa, yang akan membuat siswa lebih senang mengikuti pelajaran. Para
guru harus mampu mengembangkan strategi pembelajaran. Sarana prasarana mesti di
sediakan di sekolah agar dapat mendukung siswa dalam belajar.
Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa yang mengakibatkan rendahnya
motivasi belajar dapat dicarikan solusinya.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking