Donderdag 16 Januarie 2014

tugas jurnalistik, pengalaman PKM (smster VII)



Nama       : Ni Luh Putu Sri Musiartini Setiawati
Nim          : 10.1.1.1.1.3883
Kelas/Smt: PAH/VIIB

TUGAS JURNALISTIK

          Setiap perguruan tinggi negeri yang focus pada Pendidikan pasti mempunyai program PKM. PKM adalah Praktek Kerja Mengajar yang focus meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk mengajar di setiap sekolah nergeri atau swasta. PKM biasanya di ambil pada saat semester 7, namun tidak jarang mahasiswa mengambil di semester 8/ yang lainnya, tergantung kemampuan mahasiswa dan kredit semester yang diambil.
          Saya melaksanakan PKM di SMP Negeri 4 Singaraja yang beralamat di Jln. Srikandi Babakan Sambangan. PKM resmi dimulai tanggal 31 Juli 2013. Serah terima yang dilaksanakan oleh kelompok PKM saya yaitu tanggal 31 Juni 2013, jam 09.27 pagi yang diserahkan oleh salah satu dosen IHDN yaitu Pak Komang Suardika, S.Ag, M.Fil.H dan diterima oleh Kepala SMP Negeri 4 Singaraja yaitu Dra. Ni Putu Karnadhi, M.si dan Waka Kesiswaan SMP 4 Singaraja yaitu Ibu putu Juliani, S.Ina beserta seluruh guru-guru dan stap pegawai SMP Negeri 4 Singaraja.
          Lingkungan SMP Negeri 4 Singaraja lumanyan bagus, bersih dan siswanya ramah. Saya melaksanakan PKM di SMP Negeri 4 Singaraja selama 3 bulan terhitung dari bulan Juli-Oktober. Pelaksanaan PKM harus mengikuti 3 tahapan yaitu tahap OBservasi selama 1 minggu, tahap terbimbing selama 1 minggu, selanjutnya dilanjutkan oleh tahap mandiri sampai akhir PKM setelah ujian PKM. Saya mengajar di kelas VII, tepatnya di kelas VIIB3, VIIB4, VIIB5, VIIB6. Guru pamong atau Guru Pembimbing saya di sekolah bernama Nyoman Suartini, S.Pd.
          Bayak pengalaman yang saya dapat dari melaksanakan PKM di SMP Negeri 4 Singaraja. Mulai dari tahap Observasi, yang dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2013 sampai dengan tanggal 7 Agustug 2013, dari tahap ini, saya belajar dari guru pamong bagaimana mendidik siswa yang baik dan mau menurut perintah yang kita perintahkan kepada siswa, lebih tepatnya belajar kembali tentang pengelolaan kelas. Selama 1 minggu saya mengamati siswa-siswa yang menjadi calon didik saya nanti, sewaktu saya suda menginjak ke tahap terbimbing dan tahap mandiri. Mengawali tahap terbimbing saya sangat gerogi mengajar di kelas VIIB3, namun saya berhusaha untuk fokus dan tetap konsentrasi dalam mengajar. Setelah satu minggu saya di bombing saya lanjut mengajar tahap mandiri. Tahap mandiri ini ternyata banyak kejutan yang saya dapat, mulai menumukan siswa yang bandel, pada saat proses belajar berlangsung siswa berantem di kelas, rebut saat saya menjelaskan serta ada siswa yang mencuri pada saat mengajar di kelas. Sungguh luar biasa hal-hal yang ada di sekolah ketika kita sudah terjun menjadi seorang guru.
          Namun hal yang lain, saya sangat senang menjadi seorang guru karena menjadi seorang guru bukan hanya mengajar saja namun segala sesuatu kita dinilai oleh siswa. Ibaratkan kita artis, dari ujung kaki sampai ujung rambut kita dinilai oleh siswa, bahkan tingkah prilaku kita menjadi contoh bagi seluruh siswa yang ada di SMP Negeri 4 Singaraja. Itulah sepintas cerita pengalaman saya sewaktu melaksanakan PKM di SMP Negeri 4 Singaraja.


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking